Jalan baja adalah jalan
yang terdiri dari dua batang rel baja yang dipasang sejajar satu sama
lain pada jarak tertentu dan di mana batang-batang rel itu berfungsi untuk
menghantar jalannya roda-roda dari kendaraan yang berjalan di atasnya.
Jalan baja terdiri atas 2
bagian yakni: bagian bawah jalan baja dan bagian atas jalan baja.
Bagian atas jalan baja
terdiri atas bantalan-bantalan, rel-rel dan perlengkapan baja kecil
yakni benda-benda baja kecil yang gunanya untuk mengikat rel-rel pada
bantalan dan untuk menghubungkan rel yang satu dengan rel yang lainnya.
Gambar Rel Kereta Api
Gambar Rel Kereta Api Yang Unik
Di daerah yang tanahnya datar dan sedikit miring, tubuh
jalan baja itu selalu dibuat dalam peninggian. Artinya dibuat lebih tinggi
dari pada permukaan tanah asli yang terletak di sisi-sisinya jalan baja, supaya
jalan baja itu tidak terendam air pada waktu ada banjir karena itu maka jalan
baja itu harus dibuat sekurangnya ½ meter di atas permukaan air banjir yang
tertinggi.
Letak jalan baja yang lebih tinggi dari pada permukaan tanah yang ada di sisi-sisinya ini, juga perlu untuk dapat mengalirkan keluar air hujan yang masuk ke dalam alas dan tubuh jalan dengan segera, juga miringnya jalan-jalan baja itu terbatas, karena itu maka di daerah-daerah pegunungan, jalan-jalan baja itu tidak dapat mengikuti naik turunnya permukaan tanah asli. sehubungan dengan itu maka tubuh jalan baja di daerah berbukit-bukit dan pegunungan seringkali harus dibuat dalam galian.
Letak jalan baja yang lebih tinggi dari pada permukaan tanah yang ada di sisi-sisinya ini, juga perlu untuk dapat mengalirkan keluar air hujan yang masuk ke dalam alas dan tubuh jalan dengan segera, juga miringnya jalan-jalan baja itu terbatas, karena itu maka di daerah-daerah pegunungan, jalan-jalan baja itu tidak dapat mengikuti naik turunnya permukaan tanah asli. sehubungan dengan itu maka tubuh jalan baja di daerah berbukit-bukit dan pegunungan seringkali harus dibuat dalam galian.
Jalur Rel Kereta Api
Rel-rel gunanya untuk meneruskan tekanan-tekanan yang
ditimbulkan oleh roda-roda lokomotif dan oleh roda-roda kereta pengangkutan ke
bantalan-bantalan dan untuk mengantarkan jalannya roda-roda kendaraan. Bantalan
gunanya untuk tempat menambatkan rel-rel untuk menjaga supaya rel-rel tetap
tinggal di tempatnya tidak menggeser baik ke arah menggeser maupun ke arah
melintang, untuk menjaga agar duduknya jalan baja kokoh kuat serta mantap di
dalam alas dan untuk meneruskan tekanan-tekanan yang ditimbulkan oleh roda-roda
kendaraan pada rel-rel ke alas dan diteruskan ke tubuh jalan.
Jembatan Kereta Api
Pada jalan baja yang dilalui oleh kereta api terdapat 3
macam tekanan (gaya)
yaitu:
- Tekanan pada rel-rel yang arahnya lurus yang ditimbulkan
oleh muatan dan berat sendiri dari kereta api.
- Tekanan pada rel-rel yang arahnya mendatar siku-siku pada arah membujurnya jalan baja yang ditimbulkan oleh bergoyangnya kereta api sedang berjalan dan oleh tekanan angin.
- Tekanan pada rel-rel yang arahnya mendatar searah dengan arah membujurnya jalan yang ditimbulkan oleh muatan yang bergerak maju
- Tekanan pada rel-rel yang arahnya mendatar siku-siku pada arah membujurnya jalan baja yang ditimbulkan oleh bergoyangnya kereta api sedang berjalan dan oleh tekanan angin.
- Tekanan pada rel-rel yang arahnya mendatar searah dengan arah membujurnya jalan yang ditimbulkan oleh muatan yang bergerak maju
Rel-rel yang digunakan pada jalan baja di indonesia
umumnya ialah rel jenis Vignolle yang bentuk profilnya adalah sebagai berikut :
Rel-rel itu harus kuat, keras dan elastis supaya tidak cepat
aus, karena itu maka rel-rel itu dibuat dari baja leleh bermutu tinggi dengan
kekuatan tarik sebesar 60 - 70 kg/mm² dan tegangan rentang sebesar minimal 18%,
baja leleh bermutu tinggi adalah terdiri dari: 0,6% - 0,75%; Carbon: 0,6% -
0,95% Mn; 0,05% P; 0,05% S. 0,4% Si dan sisanya Fe.
Rel-rel dipasang di atas bantalan-bantalan kayu atau di atas bantalan baja, juga kadangkala digunakan bantalan beton bertulang. Fungsi bantalan itu adalah:
- Untuk meneruskan tekanan-tekanan yang ditimbulkan oleh roda-roda kendaraan pada rel-rel alas jalan.
- Untuk menjamin kedudukan rel-rel supaya lebar rel kereta api tetap tidak berubah.
- Untuk menjamin kokohnya kedudukan rel-rel berikut bantalan di alam alas jalan.
Bantalan Rel Kereta Api harus keras supaya kuat menahan tekanan-tekanan dan supaya dapat di tahan lama, bantalan kayu harus cukup keras supaya paku-paku erl tidak mudah terlepas, pada umumnya di indonesia digunakan kayu jati sebagai bantalannya, di mana kayu jati dapat tahan sampai 16-20 tahu.
Rel-rel dipasang di atas bantalan-bantalan kayu atau di atas bantalan baja, juga kadangkala digunakan bantalan beton bertulang. Fungsi bantalan itu adalah:
- Untuk meneruskan tekanan-tekanan yang ditimbulkan oleh roda-roda kendaraan pada rel-rel alas jalan.
- Untuk menjamin kedudukan rel-rel supaya lebar rel kereta api tetap tidak berubah.
- Untuk menjamin kokohnya kedudukan rel-rel berikut bantalan di alam alas jalan.
Bantalan Rel Kereta Api harus keras supaya kuat menahan tekanan-tekanan dan supaya dapat di tahan lama, bantalan kayu harus cukup keras supaya paku-paku erl tidak mudah terlepas, pada umumnya di indonesia digunakan kayu jati sebagai bantalannya, di mana kayu jati dapat tahan sampai 16-20 tahu.
Bantalan Rel Kereta Api
Duduknya kedua rel diatas bantalan itu harus tetap dan
kokoh, lebar sepur yaitu jaraknya antara sisi sebelah dalam kepala rel yang
satu dan sisi sebelah dalam kepala rel yang lainnya itu harus tetap dan tidak
berubah, jadi rel-rel itu tidak boleh bergeser terhadap bantalan-bantalan. Untuk
memenuhi persyratan tersebut kedua rel dan bantalannya harus mewujudkan
suatu kesatuan atau suatu kerangka yang kuat kokoh dan oleh karena itu rel
harus diikat pada bantalan dengan sebaik-baiknya dan kuat.
Sumber : kampus-sipil.blogspot.com