Laman

WELCOME

Kamis, 26 Juli 2012

KISAH PERJALANAN KU KE KOTA SEMARANG JAWA TENGAH

Pada akhir bulan Juni 2012 kemaren, saya mengunjungi Kota Semarang. Tujuan saya mengunjungi kota tersebut adalah untuk menghadiri Seminar tentang Jembatan Bentang Panjang yang diadakan oleh Universitas Semarang. Saya sangat antusias sekali untuk datang ke acara seminar tersebut, karena salah satu narasumber di seminar tersebut adalah tokoh sipil favorit saya yaitu Prof. Dr. Ir. Wiratman Wangsadinata. Seminar tersebut diadakan pada hari Rabu tanggal 27 Juni 2012. Salah satu cita2 saya setelah lulus kuliah S1 Teknik Sipil adalah menjadi seorang Bridge Engineer, dan saya sangat tertarik ssekali dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan jembatan. Dan Alhamdulillah, saat ini saya bekerja di sebuah Konsultan Jembatan di Daerah Cawang. Dan saat ini saya sedang fokus mempelajari Software tentang jembatan yaitu MIDAS. Kembali ke seminar tadi, awalnya saya lihat di Fb nya Teknik Sipil USM tentang seminar tersebut. Dan ini adalah foto poster tentang seminar jembatan tersebut.
Saya lihat pertama kali itu awal bulan Mei 2012, setelah itu saya langsung hubungi kontak person nya. Saat itu yang saya hubungi adalah ibu Diah, saya bertanya tentang seminar2 tersebut, dan akhirnya saya fix untuk ikut ke acara seminar tersebut. Waktu itu saya sempet ragu, karena jarak antara Jakarta-Semarang itu lumayan jauh, dan saya ga punya kenalan yang menetap di Semarang. Family saya yang di Jawa Tengah itu ada nya di Magelang. Saya sempet tanya2 ke beberapa teman tentang transportasi menuju Semarang, mereka bilang kalo naik KA Bisnis dari Stasiun Pasar Senen ada 2 alternatif, KA Senja Utama, berangkat dari Stasiun Pasar Senen jam 19.10 dan tiba di Stasiun Semarang Tawang jam 04.00. KA yang kedua adalah KA Fajar Utama, berangkat dari Stasiun Pasar Senin pagi dan sampai di Semarang malam (saya lupa jadwal keberangkatan KA ini..:D). Lalu saya lihat lagi jadwal seminar. Seminar di mulai hari Rabu tanggal 27 Juni 2012 jam 08.00 sampai jam 16.00. Berarti saya harus berangkat dari Jakarta malam agar bisa sampai di Semarang pagi. Jadi saya ga harus mencari penginapan di Semarang. Akhirnya setelah mempertimbangkan dengan matang pilihan transportasi saya jatuh pada KA Bisnis Senja Utama. Akhir Mei 2012, ternyata saya baru ingat kalo saya punya kenalan di Semarang. Beliau adalah seorang pegawai PT KAI yang di tugaskan di Stasiun Semarang Tawang, namanya Syihabbudin. Saya manggil beliau dengan sebutan Abah. Akhirnya saya kontak beliau, dan saya mengutarakan kalo saya akan pergi ke daerah Semarang akhir Juni 2012 nanti. Saya minta beliau untuk menjadi Tour Guide saya selama di Semarang. Oke, beliau tidak keberatan, dan saya agak sedikit lebih tenang. Akhirnya awal Juni 2012, saya mentransfer uang pendaftaran seminar ke panitia, untuk benar2 memfiksasikannya. Minggu kedua bulan Juni 2012, saya hunting tiket KA ke Semarang, waktu itu saya belum tau kalo ternyata di AlfaMart bisa booking tiket KA. Saya minta anterin sahabat saya Endang Puspitasari ke Stasiun Pasar Senen untuk hunting tiket. Saya berangkat dari rumah bersama Endang jam 10.00, dan sampai di Stasiun Lenteng Agung jam 10.30, dan Commuterline kearah Pasar Senen baru tiba di Stasiun Lenteng Agung jam 11.00, dan kita sampai di Stasiun Pasar Senen jam 12.15. Butuh perjuangan besar untuk dapetin tiket KA ke Semarang. udah dateng langsung ke Stasiun Pasar Senen, ternyata antrian nya sangat panjang. Sampe hampir putus asa nungguin nya. Akhirnya setelah dikasih tau temen saya kalo di Alfamart, bisa mesen tiket KA, langsung saja kami mencari AlfaMart terdekat. Kebetulan AlfaMart di daerah Stasiun Pasar Senen susah dicari, akhirnya dengan menggunakan Commuter Line kita balik lagi pulang ke rumah ke daerah Lenteng Agung, dan baru nemu Alfamart disana. Akhirnya dengan proses yang tidak begitu sulit, di dapat lah Tiket PP Jakarta-Semarang dan Semarang-Jakarta. Inilah Foto Struk tiket dari AlfaMart yang harus ditukarkan dengan Tiket Asli di Stasiun yang bersangkutan.
Lalu Minggu ke tiga bulan Juni 2012, saya balik lagi ke Stasiun Pasar Senen untuk menukarkan struk ini dengan tiket asli nya. Dan ini lah foto tiket Asli Jakarta Semarang dan Semarang Jakarta.
Saya berangkat ke Semarang pada hari Selasa tanggal 26 Juni 2012. Saya langsung berangkat dari kantor saya di Daerah Cawang. Kereta Senja Utama berangkat jam 19.10. Saya baru keluar dari kantor jam 17.30, dan baru dapet Commuterline jam 18.00. Pas jam 18.45 Commuterline nya tiba2 mogok di tengah2 antara Stasiun Kemayoran dan Stasiun Pasar Senen, disitu saya udah mulai panik, takut ketinggalan kereta. Akhirnya jam 19.00, Commuterline nya jalan lagi, dan setelah sampai di Stasiun Pasar Senen, saya langsung ke Jalur 1 tempat KA Senja Utama berhenti. Alhamdulillah, ga lama setelah saya duduk di kereta, kereta nya langsung jalan…^_^ Selama di perjalanan kereta, saya selalu kontak2an dengan Abah Syihab. Saya bilang ke Abah besok shubuh jam 04.00 saya tiba di Stasiun Semarang Tawang. Abah bilang, dia akan standby disana nunggu saya. Akhirnya pada hari Rabu tanggal 27 Juni 2012 jam 04.00 KA Senja Utama tiba di Stasiun Semarang Tawang. Saya langsung kontak Abah Syihab lagi, dan ternyata beliau udah nunggu saya di pintu keluar Stasiun Semarang Tawang. Setelah itu, saya sama Abah Syihab langsung di ajak ke kantor nya untuk istirahat sebentar. Ini lah foto saya di ruangan nya Abah Syihab.
Setelah itu, di kantor nya Abah Syihab saya juga numpang revisi kerjaan saya yang belum selesai…:D
Setelah itu, saya siap2 untuk menuju ke tempat seminar. Kita berangkat dari kantor nya Abah Syihab jam 07.00, dan di jalan kita sempet mampir sebentar untuk sarapan dan tak lupa foto2 di Kota Lama Semarang. Ini lah hasil nya..:D
Setelah itu, Abah Syihab langsung mengantar saya ke tempat seminar jam 07.30. Kebetulan saat itu, saya lah peserta pertama yang datang, ruangan nya masih sangat sepi. Inilah foto tempat seminar itu di adakan yaitu di Auditorium Ir. Widjanarko Universitas Semarang.
Seminar dimulai tepat pada pukul 08.30, telat ½ jam dari yang dijadwalkan. Pembicara pertama dalam seminar tersebut adalah Dr.Ir.Ahmad Hermanto Dardak, Wakil Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia.
Sedangkan pembicara selanjutnya adalah Prof.DR.Ir.Wiratman Wangsadinata, salah satu tokoh sipil favorit saya.. Semoga suatu saat nanti bisa mengikuti jejak beliau menjadi seorang Bridge Engineer. Sayangnya saya ga punya kesempatan untuk foto bareng beliau di acara seminar tersebut.. T__T
Ini lah suasana saat acara Coffe Break dalam seminar tersebut.
Dan inilah suasana saat makan siang dalam acara seminar tersebut
Dan ini lah hand out atau naskah seminar yang diterima oleh para peserta seminar
Dan ini adalah souvenir yang di dapat selama mengikuti Seminar tersebut.
Dan ini dia nih Sertifikat nya..
Atas nama pribadi, saya mengucapkan terima kasih kepada Teknik Sipil Universitas Semarang yang telah menyelenggarakan acara seminar ini. Karena acara ini sangat bermanfaat sekali untuk saya ke depannya. Semoga di lain kesempatan Teknik Sipil Universitas Semarang bisa menyelenggarakan acara seperti ini lagi. Sukses selalu untuk Civitas Akademika Teknik Sipil Universitas Semarang. Nah, acara seminar selesai pada pukul 16.00, saya langsung kontak Abah Syihab, ga lama setelah itu beliau langsung menjemput saya, dan sebelum kita balik ke kantor nya Abah Syihab, beliau ngajak saya makan terlebih dahulu. Setelah acara makan selesai, Abah Syihab ngajak saya ke tempat hunting oleh2 khas Semarang. Dan di tempat ini lah saya membeli oleh2 yang akan saya bawa ke Jakarta.
Setelah itu, kita langsung balik ke kantor nya Abah Syihab, sampai di kantor nya Abah Syihab jam 17.00. Masih ada waktu 3 jam sebelum KA Senja Utama berangkat. KA Senja Utama berangkat dari Stasiun Semarang Tawang jam 20.00 dan sampai di Stasiun Pasar Senen Jakarta jam 03.00. Lalu saat itu, Abah Syihab menyarankan gimana kalo pulang ke Jakarta nya besok pagi aja, jadi bisa menikmati keindahan malam di Kota Semarang. Sebenernya saya sih ga masalah, tapi masalah nya apakah masih ada tiket pulang ke Jakarta untuk besok pagi ?, biasanya kan harus mesen jauh2 hari sebelum nya. Abah Syihab bilang dia akan usahain nyari tiket untuk pulang besok pagi. Sampe jam 19.00 belum dapet kabar juga, apakah tiket nya masih ada atau ga, saat itu saya juga udah siap2 untuk pulang malam ini seandainya tiket nya ga ada. Nah, pas jam 19.30 Abah Syihab langsung ngasih aku tiket ke Jakarta besok pagi dengan menggunakan KA Eksekutif Argo Sindoro..^_^. Wah, berarti tiket KA Bisnis Senja Utama ku sayang2 dong udah kebeli,, hmm..-_- Ywdah, akhirnya saya sepakat untuk pulang besok pagi dengan menggunakan KA Eksekutif Argo Sindoro.
Pas malemnya Abah Syihab nyariin aku penginapan, setelah itu sempet keliling Semarang. Nah, keesokkan harinya jam 04.00 hari kamis tanggal 28 Juni 2012, aku check out dari penginapan dan kembali ke kantor nya Abah Syihab untuk membereskan barang2 ku disana dan siap2 untuk kembali ke Jakarta. KA Argo Sindoro berangkat dari Stasiun Semarang Tawang jam 05.30 dan sampai di Jakarta di Stasiun Gambir jam 11.30. Sebelum kereta nya berangkat, aku sempet poto2 dulu di dalam kereta nya..:D
Inilah pengalaman saya selama berada di Kota Semarang. Terima kasih saya ucapkan kepada Abah Syihab yang udah mau jadi Tour Guide selama saya berada di Semarang. -THE END-